The Naked Future

ARTIFICIAL INTELIGENCY (AI)


AI (Artificial Inteligency), Kecerdasan Buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan saraf tiruan dan robotika (id.wikipedia.org)




CEO Google Sundar Pichai, baru-baru ini mengeluarkan uneg-unegnya soal teknologi kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence). Diketahui, Google memang menjadi salah satu perusahaan teknologi yang begitu getol mengadopsi kecerdasan buatan dan menjadikannya sebagai fondasi utama untuk setiap produk.

Menurut Pichai, kecerdasan buatan kini telah menjadi salah satu 'kebutuhan' bagi umat manusia. Meski belum bisa melihat dampak secara keseluruhan, ia optimistis ke depannya kecerdasan buatan bisa menjadi hal utama untuk membantu kehidupan manusia.

Bahkan, pria berkacamata ini menilai kecerdasan buatan kelak bisa menjadi salah satu 'sumber' yang lebih penting dari sumber-sumber utilitas lainnya.

"Kecerdasan buatan adalah salah satu dari beberapa hal penting yang tengah dikembangkan umat manusia. Mungkin nanti ia akan menjadi hal yang lebih dibutuhkan ketimbang sumber listrik dan api," ujar Pichai dalam wawancaranya bersama Recode seperti dikutip The Verge, Senin (22/1/2018).


Dengan demikian, ia menambahkan, pentingnya kecerdasan buatan tentu bisa berperan besar pada dunia, seperti bisa menjadi hal yang menyelamatkan isu perubahan iklim, atau bahkan menjadi teknologi yang dapat menyembuhkan penyakit berat, seperti kanker.

Saaat ini, pekerja dengan kecerdasan buatan (AI) sudah masuk dalam kehidupan manusia normal. Ada yang menerbangkan pesawat, mengemudikan mobil, dan lain-lain.

Dikutip dari BBC (13/1), kepala bidang AI di Singularity University, Neil Jacobstein, mengungkapkan bahwa tahun 2020 nanti dunia akan dikuasai oleh robot.

Artinya, di peradaban modern robot akan dapat membuat semuanya jadi mudah. Bahkan seluruh pekerjaan yang normalnya dikerjakan oleh manusia, dapat diwakili oleh robot.

Yang mengejutkan adalah salah satu perusahaan besar yang bergerak di bidang elektronik di CHina, Hon Hai, mengungkapkan pihaknya membangun pabrik berisi robot yang diproyeksikan dapat menggantikan 500 ribu pekerja dalam tiga tahun mendatang.

Jika hal itu terus berkembang, sepertinya dunia akan menjadi mimpi buruk karena manusia jelas akan semakin malas. Apabila robot benar-benar menguasai dunia, lantas apa fungsi manusia di bumi ini?

Berikan komentar Anda.

Comments

Popular Posts