The Naked Future

Barista : Robot Satu Tangan kafe di Jepang

Robot Barista Satu Tangan Mulai Merambah di Kafe Jepang


 Jepang memiliki sebuah kafe robot baru dimana pelanggan bisa menikmati kopi yang diseduh dan dilayani oleh robot barista.Robot bernama Sawyer memulai debutnya minggu ini di Henna Cafe di kawasan bisnis dan perbelanjaan di Shibuya, Tokyo.


Maukah kamu meminum kopi nikmat? "barista, dengan layar yang menunjukkan sepasang mata kartun, bertanya dengan nada datar".
"Aku bisa membuatkan kopi jauh lebih enak dari manusia", Kata Barista.
ia bisa menggiling biji kopi, mengisi saringan dan menuangkan air panas ke atas cangkir kertas hingga lima orang sekaligus.
Secangkir kopi dengan harga 320 yen ($3) dan hanya memerlukan waktu beberapa menit.  Sawyer juga bisa mengoperasikan mesin otomatis untuk enam minuman panas lainnya seperti cappuccino, hot chocolate dan green tea latte.


Pelanggan dari kafe ini kebanyakan adalah pria, mereka banyak mengambil foto dengan smartphone mereka saat mereka mengantri.  Operator kafe, agen perjalanan H.I.S. Co, mengatakan robot bisa meningkatkan produktivitas sekaligus menghibur pelanggan.  Poin pentingnya adalah meningkatkan produktivitas,' kata Masataka Tamaki, general manager corporate planning di H.I.S.  Dia mengatakan hanya satu orang yang perlu mengawasi kafe robot tersebut, dibanding beberapa orang yang dibutuhkan di kedai kopi biasa, sehingga bisa menyajikan kopi berkualitas lebih baik dengan harga yang pantas.



Tamaki mengatakan ini bukan hanya tentang efisiensi. "Kami ingin robot untuk menghibur pelanggan sehingga tidak seperti membeli kopi di mesin penjual otomatis", katanya. Takeshi Yamamoto, seorang karyawan restoran berusia 68 tahun yang bekerja di lingkungan tersebut, mengatakan pengalaman pertamanya dengan kafe robot sangat menyenangkan, dan kopi buatan robotnya sangat nikmat."Ini cukup kaya, dan rasanya sangat enak", kata Yamamoto sambil meminum kopinya. "Anda bisa mendapatkan kopi buatan mesin di toko serba ada juga, dan itu benar-benar bagus. Tapi di sini, aku sangat senang".

Comments

Popular Posts