The Naked Future

Mengapa Sebagian Orang Ingin Jadi Manajer ???????

Sebagai seorang pekerja kelas bawah dan menengah, tentu memandang kehidupan seorang Manajer itu enak. Kenapa enak ??? karena seorang manajer dalam pikiran awam adalah orang yang memiliki segalanya, ingin sesuatu tinggal menyuruh dan memerintahkan bawahannya, dan semuanya selesai…. Itulah pandangan awam.

Tapi sebenarnya apa sih fungsi dan tugas manajer ? untuk sampai ke jawaban itu, tentu kita harus tahu dulu apa sebenarnya pengertian manajer. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain untuk mencapai suatu tujuan yang ditetapkan oleh suatu perusahaan atau organisasi.

Lantas apakah manajer itu hanya satu ? tentu tidak. Menurut tingkatannya manajer terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu : 
  1. Manajer Puncak atau Top Manajemen bertugas merencanakan kegiatan dan strategi perusahaan secara umum dan mengarahkan jalannya perusahaan. Contoh top manajemen adalah CEO (Chief Executive Officer), CIO (Chief Information Officer), dan CFO (Chief Financial Officer). 
  2. Manajer Tingkat Menengah atau Middle Manajemen mencakup semua manajemen yang berada di antara manajer lini pertama dan manajemen puncak dan bertugas sebagai penghubung antara keduanya. Jabatan yang termasuk manajer menengah di antaranya kepala bagian, pemimpin proyek, manajer pabrik, atau manajer divisi. 
  3. Manajer Lini Pertama atau First Line Manajemen merupakan manajemen tingkatan paling rendah yang bertugas memimpin dan mengawasi karyawan non-manajerial yang terlibat dalam proses produksi. Mereka sering disebut penyelia (supervisor), manajer shift, manajer area, manajer kantor, manajer departemen, atau mandor (foreman). 
Setelah kita tahu tingkatan-tingkatan manajer, apa yang menjadi fungsi dan tugas seorang manajer ??? Fungsi dan tugas seorang manajer adalah sebagai berikut : 
  1. Perencanaan (planning) adalah merencanakan apa yang akan dikerjakan dengan sumber daya yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan. 
  2. Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, dan pada tingkatan mana keputusan harus diambil. 
  3. Pengarahan (directing) adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha. 
  4. Mengendalikan (Controlling), yaitu mengukur kinerja terhadap tujuan, menentukan penyebab penyimpangan, dan mengambil tindakan perbaikan ketika dibutuhkan. 
Setelah kita tahu fungsi manajer, selanjutnya kita juga harus tahu keterampilan apa yang harus dimiliki oleh seorang manajer ??? Menurut Robert L. Katz, 1970, seorang manajer harus memiliki keterampilan sebagai berikut :
  1. Keterampilan konseptual (conceptional skill). Manajer tingkat atas (top manager) harus memiliki keterampilan untuk membuat konsep, ide, dan gagasan demi kemajuan organisasi. Proses penjabaran ide menjadi suatu rencana kerja yang konkret itu biasanya disebut sebagai proses perencanaan atau planning. Oleh karena itu, keterampilan konsepsional merupakan keterampilan membuat rencana kerja. 
  2. Keterampilan berhubungan dengan orang lain (humanity skill). Keterampilan berkomunikasi atau keterampilan berhubungan dengan orang lain, yang disebut juga keterampilan kemanusiaan. Komunikasi yang persuasif harus selalu diciptakan oleh manajer terhadap bawahan yang dipimpinnya. Dengan komunikasi yang persuasif, bersahabat, dan kebapakan akan membuat karyawan merasa dihargai dan kemudian mereka akan bersikap terbuka kepada atasan. Keterampilan berkomunikasi diperlukan, baik pada tingkatan manajemen atas, menengah, maupun bawah. 
  3. Keterampilan teknis (technical skill). Keterampilan teknis ini merupakan kemampuan untuk menjalankan suatu pekerjaan tertentu, misalnya menggunakan program komputer, memperbaiki mesin, membuat kursi, akuntansi dan lain-lain. 
Selain tiga keterampilan dasar di atas, Menurut Ricky W. Griffin, 2006, Seorang Manajer juga harus memiliki dua keterampilan dasar, yaitu :
  1. Keterampilan manajemen waktu. Merupakan keterampilan yang merujuk pada kemampuan seorang manajer untuk menggunakan waktu yang dimilikinya secara bijaksana. 
  2. Keterampilan membuat keputusan. Merupakan kemampuan untuk mendefinisikan masalah dan menentukan cara terbaik dalam memecahkannya. Kemampuan membuat keputusan adalah yang paling utama bagi seorang manajer, terutama bagi kelompok manajer atas (top manager). 
Setelah membaca uraian diatas, perlu direnungkan, sudah pantaskah anda dan saya menjadi Manajer.

Terima Kasih.




Comments

Popular Posts